Handuk Serat Bambu

Handuk Serat Bambu

Pada saat ini di negara China ada tren baru yaitu handuk yang terbuat dari serat bambu. Handuk yang terbuat dari serat bambu ini tentunya menjadi salah satu inovasi produk amenities baru di dunia.

 

Asal Usul Serat Bambu

Serat bambu yang digunakan sebagai bahan dasar handuk terbuat dari bahan dasar bambu pilihan, yang diproses dengan menggunakan teknologi yang canggih dengan mengambil serat selulosa yang terdapat di dalam bambu.

Setelah itu serat selulosa tersebut dicampur dengan bahan-bahan lain sehingga menghasilkan serat yang baru.

Serat bambu ini bisa menghasilkan berbagai macam jenis produk seperti handuk, kain lap, perlengkapan tempat tidur, pakaian dalam, kaos, kaus kaki dan berbagai macam produk lain yang digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Anda akan merasakan kualitas dari serat bambu ini yang terasa nyaman di permukaan kulit anda pada saat produk ini dikenakan.

Di dalam perkembangannya tanaman bambu bisa menghasilkan anion serta anti-kuman sendiri sehingga tanaman ini tidak membutuhkan insektisida yang bisa menimbulkan polusi.

Serat bambu ini tidak menggunakan bahan kimia dan dibuat dengan menggunakan teknologi yang canggih.

Serat bambu ini memiliki fungsi anti-tungau, anti-bakteri, anti ultraviolet alami, mudah menyerap air, memiliki sirkulasi yang baik, sangat awet, serta pewarnaan yang mudah dan indah.

Produk serat bambu ini memiliki banyak nama sebutan yang diberikan oleh masyarakat seperti “ratu serat”, bahan eco-tekstil” ataupun “Produk kesehatan yang memiliki pontensi paling cerah di abad 21″.

Namun para pakar dalam bidang pertekstilan memberi serat bambu ini dengan nama sebutan “Revolusi ke-5 di industri tekstil setelah Wool, Katun, Linen dan Sutra”.

 

Fungsi Utama Serat Bambu

Anti-kuman dan Anti-bakteri

Setelah diteliti melalui mikroskop elektron, ternyata bakteri yang terdapat pada kain jenis katun dan serat kayu bisa menggandakan diri dengan sangat cepat.

Di sisi lain bakteri yang terdapat pada produk serat bambu bakteri tersebut akan mati sebanyak 75% dalam 24 jam ke depan.

Penemuan terbaru dari autoriti Jepang menambahkan nilai lebih pada produk ini, setelah melalui uji coba dari pusat pengontrolan kualitas produk katun China serta melalui uji coba dari Pusat Penelitian Mikroorganisme Akademi Sains Shanghai China.

Hasil ujicoba tersebut semakin memperkuat bukti bahwa handuk yang terbuat dari katun di musim panas lebih mudah bau sehingga kuman bisa berkembang biak menjadi puluhan ribu kali lipat.

 

Mampu Menyerap dan Menghilangkan Bau

Struktur pori-pori kecil khusus di bagian dalam serat bambu membuat serat bambu memiliki daya serap yang tinggi, dapat menyerap formaldehyde, benzene, toluene, ammonia dan substansi berbahaya lainnya dan dapat menghilangkan bau yang tidak sedap

 

Mampu Menghilangkan Kelembabannya

Setelah dilihat melalui mikroskop elektron dengan pembesaran 2000 kali ternyata bisa dilihat bahwa di permukaan serat bambu terdapat banyak cekungan dan cembungan yang membentuk lubang-lubang dengan bentuk oval atau lubang yang besar.

Hal ini menunjukkan bahwa serat bambu memiliki daya kapilaritas yang tinggi yang bisa dengan cepat menyerap dan menguapkan air.

Jika dibandingkan dengan semua jenis serat alami, serat bambu memiliki daya serap dan daya pengeluaran air yang paling tinggi.

Di dalam kondisi 100% basah dan suhu 36°C daya serap kembali dari serat bambu bisa mencapai 45%, dengan sirkulasi udara yang lebih tinggi dari katun dengan perbandingan 3,5 kali,.

Dengan demikian serat bambu juga bisa disebut sebagai “Serat yang bisa bernapas” di mana jika bahan ini digunakan sebagai bahan jadi tekstil maka bisa disebut sebagai “Kulit manusia lapisan kedua”.

 

Menangkal Radiasi Ultraviolet

Serat katun memiliki daya tembus ultraviolet sebesar 25%, sedangkan serat bambu hanya 0.6%. Daya tahan serat bambu terhadap radiasi sinar ultra violet 41.7 kali lipat lebih kuat jika dibandingkan dengan daya tahan serat katun.

Selain itu handuk yang terbuat dari serat bambu bisa mengeluarkan kelebihan panas dan air dari dalam tubuh.

 

Menjaga Kesehatan

Bambu mengandung banyak tyrosine, pectin, madu bambu, vitamin E dan SE, GE serta berbagai mikro elemen lainya yangcukup ampuh untuk  mengatasi anti-tua dan kanker.

Elemen-elemen bambu mengandung anti oksidan yang sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh serta memiliki kemampuan anti penuaan (anti-aging).

Sedangkan gabungan dari esters dan peroxide bisa menghentikan karsinogen yang merupakan pemicu kanker serta N-nitrite ammonia yang bisa meningkatkan antibodi tubuh.

Selain itu serat bambu juga mengandung berbagai asam amino yang sangat berguna untuk tubuh serta memiliki fungsi khas untuk menjaga kesehatan kulit.

Elemen pada serat bambu yaitu pectin dan madu bambu memiliki fungsi melembabkan kulit serta fungsi anti-lelah. Serat bambu tidak mengandung muatan listrik, anti listrik statis serta anti gatal.

Produk serat bambu terasa lembut dan nyaman di kulit serta bisa memperbaiki sirkulasi darah di tubuh ataupun mengaktifkan sel-sel tubuh.

Selain itu produk serat bambu juga sangat efektif untuk mengontrol sistem saraf, menambah stamina, meningkatkan kualitas tidur dan menyebabkan efek domino menghasilkan panas bagi tubuh.

Kepadatan anion dalam serat bambu bisa mencapai 6.000 bh/ M3 yang setara dengan kepadatan anion yang ada di luar rumah sehingga bisa membuat anda merasa segar dan nyaman.